Emas Jadi Aset Safe Haven Paling Diburu, Harganya Sentuh Rekor Tertinggi Lagi



Harga emas dunia mencatat rekor baru menyusul tensi ketegangan yang makin panas di Timur Tengah antara Israel vs Iran. Naiknya dolar AS dan dan imbal hasil Treasury naik bahkan tak membendung kenaikan harga emas meski juga potensi The Fed menurunkan suku bunga bakal tertunda meleset dari perkiraan.  

Pada Senin (15/4/2024), harga emas dunia di pasar spot ditutup di U$ 2.384,09/troy ons. Naik 1,75% dari hari sebelumnya dan menjadi rekor tertinggi sepanjang masa untuk posisi penutupan (closing). Akhir pekan lalu, harga emas sempat menyentuh US$ 2.431,29/troy ons di perdagangan intraday. Ini adalah rekor tertinggi sepanjang sejarah. Dalam sepekan terakhir, harga emas naik 1,92% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga melonjak 10,39%.

Iran meluncurkan drone dan rudal berbahan peledak pada Sabtu (13/4/2024) malam yang merupakan serangan pertama terhadap Israel oleh negara lain dalam lebih dari tiga dekade, memicu kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas. Serangan itu memicu reaksi sekutu hingga negara-negara internasional, terutama Amerika Serikat (AS) yang berkomitmen untuk membantu Israel. Tensi panas itu kemudian membuat warga dunia menduga-duga Perang Dunia 3 bakal pecah.

Konflik itu bermula karena Israel menggempur Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024. Serangan itu menyebabkan 11 orang meninggal, termasuk dua komandan pasukan elite Korps Garda Revolusi Iran (IRGC). Iran kemudian bersumpah akan membalas serangan Israel. Hampir dua pekan berselang, sumpah itu pun dipenuhi ketika Iran menembakkan ratusan drone hingga rudal balistik ke wilayah udara Israel.

Sementara itu, dolar AS naik 0,2% dan imbal hasil Treasury 10-tahun mencapai level tertinggi dalam lima bulan setelah data menunjukkan penjualan ritel AS meningkat lebih dari perkiraan pada Maret. Data tersebut membuat investor melihat kurang dari dua kali pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin pada 2024. Berdasarkan perangkat CME FedWatch memperkirakan suku bunga acuan The Fed tetap dipertahankan di 5,25% - 5,5% hingga September 2024, mundur dari keyakinan sebelumnya pada Juni.

Melesatnya harga emas masih mendapatkan dukungan dari faktor-faktor lain yang mendukung kenaikan harga, seperti pembelian yang kuat oleh bank sentral, dan permintaan yang meningkat dari konsumen China. Selain itu, ketegangang geopolitik yang meningkat di Timur Tengah dan Ukraina juga meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe haven.

Bloomberg menyebut harga emas telah melonjak sekitar 20% sejak pertengahan Februari dalam reli yang banyak mengejutkan investor. Pasar swap atau swap market menunjukkan investor telah menurunkan harapan mereka terhadap kemungkinan pemangkasan suku bunga Federal Reserve tahun ini. Keadaan ini akan menjadi penghambat bagi logam mulia, karena logam mulia tidak memberikan penghasilan berupa bunga ke pemegangnya. 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!