Harga Emas Melorot, The Fed Pikir Ulang Rencana Penurunan Suku Bunga



Harga emas dunia kembali melorot setelah pasar menghitung ulang potensi penurunan suku bunga acuan, terutama setelah bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed tidak memberikan panduan apa pun tentang kapan suku bunga dapat diturunkan, dan malah mengatakan bahwa kebijakan moneter perlu bersifat restriktif lebih lama. Sebab, memegang emas tidak menguntungkan dalam iklim suku bunga tinggi.

 

 

Harga emas sudah turun dua hari beruntun. Pada penutupan kemarin, Rabu (17/4/2024), harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.366,44/troy ons. Berkurang 0,46% dibandingkan hari sebelumnya. Harga emas pun resmi turun 2 hari beruntun. Selama 2 hari tersebut, harga terpangkas 0,7%. Pagi ini, Kamis (18/4/2024), harga emas masih tertahan. Pada pukul 06:31 WIB, harga turun tipis ke US$ 2.366,38/troy ons.

 

Pejabat tinggi bank sentral AS termasuk Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Selasa tidak memberikan panduan apa pun tentang kapan suku bunga dapat diturunkan. “Sejumlah data terakhir jelas tidak membuat kami percaya diri dan memberi indikasi mungkin butuh waktu lebih lama untuk mencapai keyakinan itu. Dengan solidnya pasar tenaga kerja dan inflasi sejauh ini, maka menjadi layak (appropriate) untuk menerapkan kebijakan restriktif  lebih lama lagi dan melihat bagaimana data berkembang,” jelas Powell.      
 

Meskipun inflasi terus menurun, The Fed menganggap inflasi belum bergerak cukup cepat, dan kebijakan yang ada saat ini seharusnya tetap utuh. Sejak Juli 2023, The Fed mempertahankan suku bunga acuannya pada kisaran target antara 5,25%-5,5%, tertinggi dalam 23 tahun. Hal ini merupakan hasil dari 11 kenaikan suku bunga berturut-turut yang dimulai sejak Maret 2022.

 

Harga emas juga berpotensi menurun jika bank sentral berhenti membeli atau jika investor kembali ke fase risk-on.  Meskipun emas sebagian besar tidak berkorelasi dengan dolar AS dan imbal hasil Treasury dalam tren saat ini, emas mungkin masih menunjukkan respons jangka pendek terhadap pergerakan keduanya. 

 

Meski demikian harga emas tetap berpotensi meroket lagi. Investor masih mengamati serangan balasan Israel yang berjanji untuk menyerang balik Iran. Para pejabat tinggi militer Israel menegaskan kembali bahwa negara mereka tidak punya pilihan selain menanggapi serangan drone dan rudal Iran pada akhir pekan lalu. Hal ini disampaikan di tengah seruan Eropa dan  AS agar Israel menghindari eskalasi saling balas yang dapat memicu perang yang lebih luas.

 

Jika membalas maka potensi konflik bakal meluas, dan akan memicu kembali pembelian emas, serta kenaikan harga minyak dan penguatan dolar AS. Emas, yang mempertahankan nilainya sebagai lindung nilai terhadap inflasi, cenderung berkinerja baik dalam periode ketidakpastian ekonomi ketika investor menjauh dari aset-aset berisiko lain.

 

Sebelumnya Iran menembakkan lebih dari 300 drone dan rudal dalam serangan pertamanya terhadap Israel dari wilayahnya sendiri. Hampir semuanya dicegat oleh pasukan Israel, AS, Inggris, Prancis, dan beberapa Arab. Proyektil tersebut menyebabkan kerusakan ringan, dan hanya satu orang, seorang anak, yang dilaporkan terluka.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!