Jeffrey Gundlach, Si Raja Obligasi yang Percaya Kekuatan Dahsyat Emas



Halo Sobat Treasury, nama Jeffrey Gundlach di dunia investasi tentunya cukup familiar. Dia adalah arsitek strategi investasi yang brilian, menggabungkan wawasan mendalam dan naluri inovatif untuk menciptakan portofolio yang sukses hingga akhirnya Jeffrey Gundlach dikenal sebagai "Raja Obligasi". Dengan julukan Raja Obligasi, Gundlach dikenal sebagai sosok yang berani mengambil resiko. Namun jangan salah jika pengambilan resiko investasi yang diambil oleh Gundlach tetap cermat, terukur dan terencana.

Hal ini tak lepas dari latar belakang Gundlach. Pria kelahiran 30 Oktober 1959 adalah pemilik sarjana dalam bidang Matematika dan Fisika dari Dartmouth College pada tahun 1981. Ia melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Yale, meraih gelar Master dalam bidang Matematika pada tahun 1983. Gundlach memulai karirnya di industri keuangan pada 1985 usai bergabung dengan perusahaan investasi yang bernama TCW (Trust Company of the West), di mana ia menjadi salah satu manajer manajemen portofolio dan investasi yang sukses.

Pada tahun 2009, setelah meninggalkan TCW, Gundlach mendirikan DoubleLine Capital LP. Perusahaannya segera menjadi pemain utama di industri manajemen investasi, mengelola berbagai strategi investasi, terutama di bidang dana pendapatan tetap. Sebagai CEO DoubleLine, Gundlach terus memimpin perusahaan dengan keberhasilan yang mengesankan. DoubleLine dikenal karena fokusnya pada strategi pendapatan tetap dan kredibel dalam mengelola risiko investasi, sehingga akhirnya Gundlach memperoleh julukan "Bond King" atau Raja Obligasi karena keberhasilannya dalam mengelola portofolio obligasi.  

Soal strategi, Gundlach menekankan pentingnya memahami kondisi makroekonomi global. Melalui analisis yang mendalam terhadap tren ekonomi, suku bunga, dan faktor-faktor makro lainnya, investor dapat membuat dan menganalisis keputusan investasi yang lebih terinformasi.

Strategi diversifikasi yang bijak adalah kunci keberhasilan investasi menurut Gundlach. Mendistribusikan investasi di berbagai kelas aset dan sektoral dapat membantu melindungi portofolio dari risiko spesifik dan meningkatkan potensi imbal hasil. Gundlach menekankan pentingnya keberanian untuk beradaptasi dengan perubahan pasar. Pasar keuangan selalu berfluktuasi, dan investor sukses harus dapat menyesuaikan strategi mereka dengan kondisi pasar yang berubah.

Salah satu kiat investasi Gundlach adalah fokus pada pandangan jangka panjang. Menurutnya, investor sukses tidak terlalu terpengaruh oleh gejolak pasar jangka pendek dan memiliki visi yang lebih luas terhadap tren jangka panjang. Selain itu juga pemahaman terhadap risiko dan imbal hasil adalah inti dari keberhasilan investasi. Gundlach mengajarkan pentingnya manajemen risiko yang teliti dan tidak hanya terpaku pada potensi keuntungan.Gundlach dikenal sebagai seorang analis yang sangat detail. Pelajaran ini mengajarkan pentingnya memperhatikan detail dalam analisis investasi untuk mengidentifikasi peluang dan risiko dengan lebih baik. 

Tentu dari gaya investasinya ini, meski punya julukan rajanya surat utang, Gundlach membeli emas sebagai bentuk proteksi (hedging) terhadap pelemahan dolar AS.  Pada Agustus 2019 lalu saat harga emas menyentuh level US$ 1.500/troy ons, harga logam kuning tersebut telah meroket 400% sejak pertama kali pria dengan kekayaan US$ 2,1 miliar (Rp 29,4 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.000/US$) membeli emas. 

"Saya mencintai emas. Saya sudah memiliki emas sejak diperdagangkan dengan harga US$ 300" kata Gundlach yang juga yakin emas masih tetap bullish untuk jangka panjang apalagi jika melihat adanya risiko resesi ekonomi.

Gundlach mengatakan saat ini emas akan terus bergerak positif lantaran nilai dolar AS terus merosot,  "Penurunan dolar AS menjadi salah satu alasan kita akan memilih emas. Saya pikir harga emas akan naik sangat tajam," tegasnya lagi.

 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury,dari pengalaman investasi Jeffrey Gundlach yang dipaparkan di atas, maka tak ada alasan lagi buat kamu ragu untuk investasi emas. Kabar baiknya, kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!