Kelimpungan Usai Lebaran Masih Tanggal Belasan? 5 Tips Recovery Keuangan Pasca Mudik



Lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 10 April 2024. Itu artinya, usai Idul Fitri dan libur panjang maka akan selesai di pertengahan bulan nanti. Sehingga, otomatis buat kamu yang tidak mempersiapkan keuangan dengan matang untuk lebaran nanti, atau untuk segera melakukan recovery keuangan, maka dipastikan bakal kelimpungan saat melakukan aktivitas rutin. Dipastikan saat lebaran bakal menghabiskan jatah keuangan cukup besar untuk mudik maupun bagi-bagi rejeki ke sanak saudara. Pertanyaan pentingnya, agar uang yang diperoleh bisa kembali dipergunakan secara bijak. Lantas, apa saja tips berbenah atau mengatur kembali keuangan pasca liburan Lebaran?

 1. Jangan  Membuka Utang Baru

Disarankan buat kamu yang bakal mudik nanti untuk menghindari penggunaan kartu kredit. Agar nanti kamu tak terbebani harus membayar tagihan kartu kredit di bulan selanjutnya. Untuk itu kamu harus usahakan untuk memakai uang tunai. Caranya? Dengan menyisihkan pendapatan bulanan kamu jauh-jauh hari dengan menabung dan investasi.  

Lalu jika terlanjur utang bagaimana? Maka kamu harus membuat rencana pembayaran utang yang terstruktur. Pelunasan utang jadi hal yang penting agar  kamu tidak terbebani dengan bunga pinjaman yang menggulung, THR bisa kamu manfaatkan juga untuk melunasi utang pelan-pelan sambil melakukan penghematan saat Ramadan dan mudik nanti dengan membatasi kegiatan yang tidak penting.

 

2. Cari Penghasilan Tambahan

Jika memiliki kesempatan dan peluang, kamu juga bisa memulihkan kembali kondisi keuangan setelah libur lebaran dengan cara mencari penghasilan tambahan seperti berjualan atau bahkan investasi. Jika kamu masih pemula dalam berinvestasi, kamu bisa mulai menanam modal di jenis-jenis investasi dengan resiko rendah seperti investasi reksadana, emas, hingga saham. 

Jumlah modal awal yang kamu perlu tanamkan juga tidak harus langsung dalam jumlah yang besar. Kamu bisa mulai dengan jumlah puluhan atau ratusan ribu terlebih dahulu, sesuaikan saja dengan anggaran yang dimiliki.

 

3. Mulai Investasi dari yang Murah dan Menguntungkan 

Besarnya nominal bonus tahunan THR bisa juga kamu investasikan dengan persentase yang jangan terlalu besar dan menyiksa anggaran. Investasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, bagi pemula, bisa menjajal instrumen investasi emas. 

Sebab, setelah lebaran biasanya harga emas selalu naik usai lebaran. Sebagai gambaran, 1 bulan setelah Lebaran 2023, harga emas menjadi Rp1.077.000 per gram, naik sekitar 2,18% dibandingkan harga emas saat Lebaran 2023 yang berada pada posisi Rp1.054.000 per gram. Kemudian, jika pada Lebaran 2022 harga emas berada pada posisi Rp996.000 per gram, 1 bulan kemudian naik 3,11% menjadi Rp966.000 per gram.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, buat kamu yang ingin mencoba investasi emas usai lebaran nanti untuk recovery keuangan,. Kini Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!