Hubungan AS-China Memanas, Harga Emas Makin Melejit



Harga emas meningkat tajam pada hari ini, Kamis 5 Agustus 2022. Peningkatan harga emas ini didorong oleh hubungan AS-China yang memanas. Harga emas hari ini di Treasury bergerak naik. Saat ini, harga emas bertengger di level Rp890.528 per gram. Sementara itu, di pasar spot, harga emas naik 1,6 persen ke US$1.793,34 per ons. Emas berjangka AS pun harganya meroket 1,89 persen ke US$1.810,9 per ons. 

Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger, mengatakan dolar AS melemah membuat harga emas semakin murah di mata pembeli. Tidak hanya itu, turunnya imbal hasil obligasi pemerintah AS mengurangi biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. Ditambah lagi, kata Meger, ada ketegangan antara AS dengan China. Sekadar informasi, China menembakkan beberapa rudal di dekat Taiwan dalam latihan militernya di Selat Taiwan. Penembakan rudal ini terjadi sehari setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, melawat ke sana.

“Kami telah melihat ketegangan yang meningkat antara AS dengan China. Ini jadi satu alasan tambahan mengapa harga emas mendapat dukungan baik hari ini,” kata dia.

 

Didorong oleh Data Perekonomian

Selain hubungan AS-China yang memanas, harga emas juga didorong oleh data perekonomian AS yang belum lama ini dirilis. Berdasarkan data ketenagakerjaan AS pada Juli 2022, klaim pengangguran naik 600 ribu menjadi 260 ribu pada minggu yang berakhir tanggal 30 Juli 2022. Lalu, pada pekan yang berakhir pada 23 Juli 2022, permintaan berkelanjutan untuk tunjangan negara naik menjadi 1,42 juta.

Analis menilai investor mempertimbangkan pelbagai kemungkinan kemunduran pasar tenaga kerja. Salah satunya adalah kenaikan suku bunga acuan yang dilakukan oleh Federal Reserve untuk menekan inflasi.

Kini, investor sedang mengamati laporan penggajian di sektor non pertanian yang akan dirilis pada Jumat. Analis Kitco, Jim Wyckoff, mengatakan postur teknis jangka pendek emas dan logam telah membaik hari ini.

 

Ketakutan terhadap Resesi “Jegal” Tren Kenaikan Suku Bunga The Fed

Sebelumnya, harga emas tertekan karena dolar AS yang menguat. Diketahui harga emas di pasar spot pada Kamis 4 Agustus 2022, naik 0,1 persen ke US$1.761 per ons, tetapi emas berjangka turun 0,7 persen ke US$1.776,4 per ons.

Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang naik dari 104,9 ke 106,7. Kenaikan indeks dolar menyebabkan harga emas lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Kenaikan indeks dolar juga dibarengi dengan yield obligasi pemerintah AS.

Dolar AS naik akibat pernyataan pejabat The Fed yang hawkish. Kepala Fed bagian San Fransisco, Mary Daly, mengatakan bank sentral itu belum selesai dengan PR menekan inflasi. Kenaikan suku bunga sebanyak 50 basis poin bulan depan menjadi masuk akal kalau perekonomian berkembang sesuai harapan. Kalau inflasi masih melejit, suku bunga bisa naik hingga 75 basis poin.

“Beberapa pembicara The Fed mengulangi sikap agresif yang menjaga arus masuk emas terbatas,” kata analis platform perdagangan online OANDA, Edward Moya. Namun, kata Moya, pasar yang takut terhadap resesi global bakal mengakhiri tren kenaikan suku bunga yang agresif. “Jadi, emas harus mempertahankan tren bullish,” kata dia.

Pelemahan harga emas kala itu juga disebabkan oleh data ekonomi AS yang membaik. Diketahui  indeks jasa Institute for Supply Management naik 1,4 persen dari 55,3 pada Juni 2022 ke 56,7 pada Juli 2022. Indeks manajer pembelian S&P Global USD Services turun dari 52,7 ke 47,3, lebih tinggi dari perkiraan ekonom, yaitu 47,0.

Membaiknya harga emas bisa menjadi pertanda logam mulia itu masih dipercaya sebagai aset safe haven. Sebab, emas dikenal tahan dari gempuran inflasi dan tempat yang aman dari ketidakpastian ekonomi dan geopolitik yang memanas.

Ingin membeli emas? Kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli aset ini. Di aplikasi emas digital, Treasury, kamu bisa membelinya mulai dari Rp5 ribu.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!