Harga Emas Melonjak ke Rekor Tertinggi Menyusul Panasnya Konflik Israel vs Iran



Harga emas kembali tembus rekor tertinggi sepanjang masa. Lonjakan harga emas dunia dipicu peningkatan tensi geopolitik di Timur Tengah menjadi pendorong kenaikan harga emas. Israel menyerang kedutaan Iran di Damaskus Suriah yang membuat situasi makin panas. Emas adalah aset aman yang dicari saat eskalasi geopolitik meningkat.

 

Sejak Kamis akhir pekan lalu atau tiga hari perdagangan terakhir, harga emas terus mencetak rekor baru. Pada perdagangan kemarin harga emas ditutup di posisi US$ 2.280,08 per troy ons atau melesat 1,32%. Dalam sepekan terakhir, harga emas melonjak 4,79% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga bertambah 7,95%.

 

Serangan Israel di Suriah menewaskan 2 orang jenderal dan 5 penasihat militer Iran. Iran pun bersumpah akan membalas dendam kepada Israel atas serangan udara terhadap kompleks kedutaan Iran di Damaskus. Perkembangan ini membuat pelaku pasar cemas. Akibatnya, terjadi aliran modal masuk ke aset yang dipandang aman (safe haven) seperti emas.

 

Selain itu, kenaikan harga emas terbaru mungkin juga terkait dengan adanya transaksi short-covering yang dilakukan oleh para trader emas. Kombinasi dorongan bullish juga telah mendorong harga emas batangan hampir 10% lebih tinggi sepanjang tahun ini. Kenaikan harga emas terjadi di tengah mulai melandainya indeks dolar kemarin. Pada Selasa kemarin, indeks dolar AS (DXY) berada di posisi 104,82, turun 0,19% dari posisi Senin lalu di angka 105,02.

 

Data manufaktur AS yang bagus yang dirilis pada hari Senin membangkitkan keraguan mengenai apakah Federal Reserve AS (the Fed) akan menurunkan tingkat bunganya sebanyak tiga kali pada tahun ini. The Institute for Supply Management (ISM) pada hari Senin mengatakan bahwa Purchasing Manager Index (PMI) AS bulan Maret naik ke 50.3, dibandingkan dengan angka pada bulan Februari di 47.8. Angka ini juga lebih kuat daripada yang diperkirakan dengan para ekonom memperkirakan angka PMI AS bulan Maret hanya membaik sedikit ke 48.5%.

 

Investor yang juga mulai mengurangi spekulasi penurunan suku bunga pada pertemuan Juni menjadi 58%, dibandingkan sekitar 60% sebelum data tersebut dirilis, yang dalam keadaan normal, seharusnya akan menekan harga emas batangan tanpa imbal hasil. Namun nyatanya, hal tersebut tidak mempengaruhi pergerakan harga emas. Meski pasar emas masih berada dalam suasana yang sangat bullish, tetapi pasar mungkin perlu melakukan konsolidasi di tengah pergeseran kembali ke pandangan yang lebih hawkish terhadap kebijakan The Fed.

 

Namun demikian, di tengah gencarnya kenaikan harga emas, isebagian analis memantau pengaruh dari situasi pemerintahan AS yang tidak stabil, dengan presiden AS cenderung meningkatkan anggaran untuk mencegah pemerintahan AS shutdown, turut mempengaruhi pergerakan harga emas. Adapun tanda-tanda pelemahan emas berasal dari data JOLTS Job Opening yang diperkirakan akan menguatkan kembali mata uang dolar AS. Sehingga ia menilai akan memberikan dampak negatif terhadap harga emas dalam jangka pendek.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!