Pasti Cuan! Ini 5 Tips Menabung Emas Usai Lebaran



Sobat Treasury, tahukah kamu bahwa sebagian masyarakat Indonesia punya kebiasaan membeli emas jelang atau usai lebaran Idul Fitri. Sejumlah toko perhiasan biasanya ramai dikunjungi untuk membeli emas berupa perhiasan menjelang Lebaran agar bisa digunakan di momen Hari Raya tersebut sekaligus menjadi menjadi tradisi keluarga.  

Dan tenyata membeli emas jelang dan usai lebaran menguntungkan lho!  Data historikal menunjukkan bahwa harga emas cenderung mengalami peningkatan setelah Lebaran, setidaknya satu bulan setelah Lebaran.

Sebagai gambaran, 1 bulan setelah Lebaran 2023, harga emas menjadi Rp1.077.000 per gram, naik sekitar 2,18% dibandingkan harga emas saat Lebaran 2023 yang berada pada posisi Rp1.054.000 per gram. Kemudian, jika pada Lebaran 2022 harga emas berada pada posisi Rp996.000 per gram, 1 bulan kemudian naik 3,11% menjadi Rp966.000 per gram.

Buat kamu yang masih mikir-mikir untuk investasi atau menabung emas jelang dan usai lebaran, berikut tips yang bisa kamu ikuti! 

 

1. Harus Berani Memulai  

Banyak orang menunda investasi karena mendahului kebutuhan konsumtif lainnya Padahal dalam berinvestasi, waktu memegang peranan yang sangat penting. Semakin cepat dalam memulai investasi, maka semakin ringan pula perjalanan dalam mencapai tujuan finansial di masa depan. Pun sebaliknya, semakin ditunda maka akan semakin malas untuk investasi. 

Padahal investasi di usia muda juga memiliki risiko yang relatif lebih kecil karena tanggung jawab finansial yang masih lebih rendah. Oleh karena itu, jangan tunda lebih lama lagi, segera mulai berinvestasi emas untuk hasil yang lebih maksimal jika untuk jangka waktu menengah dan investasi jangka panjang.

 

2. Disiplin Alokasi Dana

Ketika sudah mengambil keputusan untuk berinvestasi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung pemasukan. Setelahnya, periksa seluruh pengeluaran agar dapat memastikan jumlahnya tidak lebih besar daripada pendapatan. Dengan begitu, alokasi dana untuk investasi juga bisa disiapkan tanpa mengganggu kebutuhan pokok sehari-hari. Jumlah yang kecil tak menjadi masalah, selama investasi terus dilakukan secara teratur dan konsisten.

 

3. Manfaatkan Produk Digital

Bagi para investor pemula dengan modal minim, menabung emas digital bisa menjadi strategi tepat untuk berinvestasi karena dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial. Dengan dukungan layanan digital banking yang praktis, cerdas, dan aman, investasi dapat dilakukan dengan mudah hanya dalam satu genggaman.

 

4, Rajin Memantau Harga

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengamati perkembangan harga emas secara berkala. Dengan adanya produk tabungan emas digital, masyarakat memiliki kemudahan dalam memantau dan membandingkan pergerakan harga jual dan beli emas yang kompetitif dengan informasi secara real-time. Tak hanya itu, para investor juga dapat melakukan transaksi dengan menabung emas digital di manapun. Yang juga perlu diingat, perhatikan momentum saat berinvestasi, yaitu membeli ketika harga sedang rendah dan menjual ketika harga sedang naik.

 

5. Jangan Lupa Cek Legalitas

Kemajuan teknologi telah mengubah cara investasi. Dengan investasi emas digital. Namun, jangan sembarangan dalam menerapkannya. Dengan investasi emas digital maka kepemilikan emas dalam bentuk digital atau elektronik, yang disimpan dan diperdagangkan melalui platform online. Selain itu, emas digital juga memungkinkan investor untuk memiliki dan melakukan transaksi emas tanpa perlu menyimpan fisiknya.

Dalam hal ini yang harus kamu perhatikan juga soal legalitas. Perdagangan emas digital di Indonesia diawasi langsung oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Terhadap pelaku usaha yang ingin bergerak di bidang emas digital, maka harus memiliki izin dari Bappebti.


 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Nah kabar baiknya, saat ini Sobat bisa memulai investasi jelang dan usai lebaran dengan membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!