Tips Investasi Emas Digital Agar Lebih Cuan, Simpel dan Aman



Sebagai instrumen investasi yang paling stabil, investasi emas jadi pilihan banyak orang Di era digital saat ini, makin populer dengan investasi emas dalam bentuk  digital. Sejumlah keuntungan yang dianggap orang memudahkan layaknya era digital seperti baca berita atau buku sambil rebahan, emas digital makin digemari karena pembeliannya bisa dicicil atau dengan gramasi rendah. 

Keuntungan emas digital juga tak perlu tempat penyimpanan layaknya membeli emas fisik. Layaknya belanja online, beli emas digital juga bisa praktis kapan mau beli dan kapan bisa jual kapanpun. Jika ingin dicetak dalam bentuk fisik, juga bisa dan bersertifikat resmi. 

Berikut adalah tips yang harus kamu lakukan jika ingin investasi di emas digital.

 

1. Alasan Harga Emas Digital Lebih Murah dari Emas Fisik 

Umumnya harga emas digital lebih murah dari emas fisik lantaran tidak adanya ongkos cetak. Emas yang dibeli tidak langsung dicetak dalam bentuk emas. Tugas kamu adalah mencari platform yang punya biaya cetak murah dan minimum terendah jumlah gramasi emas yang ingin dicetak.

Kamu harus menimbang platform yang menawarkan biaya cetak emas fisik paling kompetitif. Faktor lain yang perlu kamu perhatikan adalah mengecek biaya lain-lain, seperti biaya administrasi bulanan, biaya titip emas, dan sebagainya.

 

2. Mulai dari Gramasi Kecil Dulu dan Cari Promo

Investasi emas digital memberikan fleksibilitas karena kamu tak harus membeli emas dalam jumlah satu gram. Fleksibilitas emas digital sangat menguntungkan bagi investor yang bermodal kecil yang ingin cuan di emas digital. Kamu bisa beli dalam jumlah kecil hingga 0,1 gram. 

Keuntungan belanja emas digital juga adalah banyak promo atau potongan emas yang tentu sangat menggiurkan buat kamu pemburu harga diskon. 

Kamu juga harus memperhatikan spread harga emas atau selisih harga jual dan beli. Jika membeli pada harga rendah lalu menjualnya pada harga tinggi maka otomatis cuan, begitupun sebaliknya.   


 

3. Terus Pantau Real Time Isu Fundamental Emas

Fluktuasi harga  mengacu pada permintaan dan penawaran. Dengan begitu, terdapat selisih harga jual dan beli logam mulia (buyback). Volatilitas emas juga dipengaruhi oleh yield US Treasury dan perubahan nilai tukar dolar AS. Selain itu, tingkat inflasi dan isu fundamental terkait kondisi ekonomi baik nasional maupun internasional juga mempengaruhi perubahan harga.

Sebelum berinvestasi, kamu harus mengetahui karakterististik investasi emas untuk memperoleh keuntungan optimal dalam jangka panjang. Dalam jangka pendek, instrumen investasi ini cenderung membuat investor rugi karena adanya selisih harga jual dan beli. 

 

4. Perhatikan Legalitas Platform Sebelum Investasi!

Kemudahan investasi emas digital jangan hanya ikut-ikutan, kamu juga harus memperhatikan sejumlah hal penting memilih tempat investasi yang aman.  

 Langkah terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah memeriksa perizinan dari perusahaan penyelenggara investasi emas digital. Platform emas digital WAJIB memiliki izin operasi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 

BAPPEBTI dibentuk oleh Kementerian Perdagangan berfungsi untuk melindungi konsumen dan masyarakat dari praktik perdagangan yang tidak etis, termasuk penipuan, manipulasi pasar, dan praktik merugikan lainnya. Tugas utama BAPPEBTI adalah mengatur dan mengawasi aktivitas perdagangan berjangka komoditi di Indonesia.

Soal perizinan, perusahaan emas digital juga harus terdaftar sebagai anggota bursa berjangka dan lembaga kliring. Bursa berjangka adalah pasar atau wadah tempat dimana kontrak berjangka dan transaksi emas dilakukan, sedangkan lembaga kliring untuk penyelesaian transaksi secara likuidasi, penyelesaian transaksi secara serah fisik, penyelesaian transaksi secara tunai (cash settlement) dan penyelesaian transaksi secara tukar fisik berjangka

Kemudahan dari emas digital membuatnya rentan menjadi investasi bodong. Sehingga sebagai investor, Anda perlu memberikan perhatian ekstra akan kredibilitas dari platform penyedia investasi emas digital. Kamu juga bisa lakukan dengan menelusurinya lewat berita di media massa, atau laporan-laporan keluhan di media sosial jika ada.

Penelusuran ini bisa sangat berguna untuk mengetahui lebih dalam seputar bagaimana perusahaan melayani penggunanya. Jangan lupa juga untuk mencari ulasan-ulasan atau review jujur para influencer terkait aplikasi tersebut di media sosial. Bisa juga kamu kepoin langsung  siapa pendiri sekaligus pemimpin dari perusahaan tersebut. Dan bagaimana kiprahnya di dunia bisnis. Reputasi seseorang dalam mendirikan usaha tentu bisa terlihat dengan mudah dari berbagai sumber pemberitaan.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di  Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!