Tren Uang Panai Suku Bugis Pakai Emas, Demi Sensasi atau Solusi?



Belakangan ini viral soal kabar  pedangdut Dewi Perssik telah dilamar oleh kekasihnya, Rully. Dewi Perssik dengan uang panai berupa logam mulia 24 karat seberat 1 kilogram dari calon suaminya, Rully saat dilamar beberapa waktu lalu di salah satu stasiun televisi. "Jadi saat aku dilamar di salah satu stasiun televisi, dia (Rully) memberikan aku uang panai 1 kilogram emas karena beliau kan orang Makassar," ungkap Dewi Persik.

Bagi suku Bugis, uang panai sejatinya adalah salah satu hal yang wajib diberikan pihak calon mempelai keluarga laki-laki ke perempuan dari tradisi Makassar, Sulawesi Selatan. Kedudukan Uang Panai berbeda dengan mahar, meski banyak pihak pula yang menyamakannya. Besaran uang panai umumnya ditentukan oleh berbagai faktor yang terdapat pada calon mempelai perempuan. Namun pemberian ini umumnya juga disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai laki-laki.

 Jumlah atau nominalnya sangat bervariasi tergantung pada kasta dan tingkat status sosial seorang wanita. Penentuan uang panai’ terlebih dahulu melalui kesepakatan antara kedua belah pihak pada saat pelamaran. Pemberian uang panai adalah suatu kewajiban yang tidak bisa diabaikan. Tidak ada uang panai berarti tidak ada pernikahan.

Saat ini emas menjadi salah satu uang mahar sekaligus produk investasi primadona. Dan belajar dari kekasih Dewi Persik, terlepas dari sensasi yang sering diumbarkan, ternyata uang panai dalam bentuk emas mendatangkan sejumlah manfaat terutama yang terkait dengan masa depan pernikahan kelak. 

 

1. Emas Adalah Simbol Kemapanan

Logam mulia emas, telah lama dikaitkan dengan kekuatan dan kekayaan finansial. Dalam memberikan logam mulia sebagai mahar pernikahan, memberikan pasangan Anda simbol kekuatan, kekayaan, dan stabilitas dalam membangun masa depan bersama. Logam mulia juga melambangkan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pasangan.

Memberikan mahar pernikahan dengan emas, artinya memberikan pasangan sesuatu yang tidak hanya memiliki nilai finansial, tetapi juga memiliki nilai estetika yang tinggi sekaligus nilai jangka panjang yang tak tergantikan. Sebab emas, memiliki daya tahan yang luar biasa. Logam mulia tidak mudah rusak, terkorosi, atau terpengaruh oleh faktor lingkungan.

 

2. Bisa Jadi Dana Darurat

Untuk individu yang belum menikah, besaran dana darurat dapat dialokasikan sekitar tiga sampai enam kali pengeluaran bulanan. Sementara, bagi orang yang sudah berkeluarga, besarannya enam sampai dua belas kali pengeluaran bulanan. Dan memiliki dana darurat dalam bentuk emas sangat menguntungkan. Selain nilainya yang terus tumbuh, mahar dalam bentuk emas punya sifat yang likuid alias cair ketika dibutuhkan dalam keadaan darurat.  

 

3. Bisa Jadi Tabungan Pensiun dan Pendidikan Anak

Dalam jangka panjang harga emas terus mengalami kenaikan. Dan dengan mahar memakai emas maka bisa dimanfaatkan untuk masa pensiun. Sekaligus juga untuk biaya pendidikan anak jika pasangan ini sudah tidak produktif lagi.  Apalagi jika buah hati membutuhkan biaya tinggi untuk kuliah kelak. Bayangkan saja jika Dewi Perssik dan pasangannya memiliki emas batangan 1 kilogram saat ini, 17 tahun mendatang mereka sudah memiliki banyak emas yang bisa dijual untuk membiayai pendidikan tinggi sang anak.

 

4. Bisa Jadi Warisan Anak Cucu

Keuntungan lainnya memberi uang panai dalam bentuk logam mulia emas bukan uang adalah bisa menjadi harta yang bakal diwariskan untuk anak dan cucu kelak. Berdasarkan data harga emas dalam rupiah sepanjang 20 tahun terakhir sudah meningkat 1102 persen, atau sudah naik 12 kali lipat. Apabila Dewi Perssik dan pasangannya jika menikah kelak memiliki emas logam mulia batangan seberat 1  kilogram kurang lebih Rp1 miliar, maka 20 tahun mendatang nilainya bisa Rp12 miliar rupiah. Tentu angka yang pantas untuk diwariskan kepada anak cucu kelak. 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Dari paparan di atas tentunya banyak manfaat dari uang mahar atau panai jika dalam wujud emas, kan? Dan buat Sobat Treasury yang sedang mempersiapkan pernikahan beserta maharnya kamu bisa menabung emas mulai dari sekarang. 

Kini Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!