Wujudkan Resolusi Keuangan 2023 dengan Frugal Living



Tidak sedikit orang membuat target finansial pada 2023. Misalnya, ingin membeli rumah baru, menikah, atau mempersiapkan biaya pendidikan anak. Sobat Treasury pun bisa mencoba gaya hidup frugal living untuk mencapai financial goals yang telah dibuat.

Frugal living ini merupakan gaya hidup hemat yang membuat kita sadar akan pengeluaran. Gaya hidup ini “memaksa” kita untuk menekankan efisiensi dan menghemat sumber daya yang dimiliki, seperti uang dan waktu. Ingin mencapai tujuan keuangan dengan strategi frugal living? Yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

Pertama, merencanakan pengeluaran. Perencanaan ini penting untuk mengendalikan pengeluaran dan menjadi salah satu cara hidup hemat.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencatat semua kebutuhan dalam sebulan dan urutkan berdasarkan dari yang paling penting ke yang kurang penting. Kemudian, hitung juga anggaran yang akan digunakan untuk keperluan itu. Anggaran belanja ini juga bertujuan untuk mencegah kamu berbelanja secara impulsif.

Kedua, mencatat pendapatan dan pengeluaran. Kamu bisa memerinci semua pemasukan dan pengeluaran agar bisa melacak ke mana uangmu pergi. Agar lebih mudah, Sobat Treasury bisa menggunakan aplikasi pengelola keuangan agar lebih mudah.

Ketiga, membuat daftar menu mingguan dan masak sendiri. Sobat Treasury bisa membuat rencana menu makan selama seminggu. Jika masih ada yang tersisa, kamu bisa menggunakan bahan itu lagi. Cara ini bisa membuatmu irit untuk kebutuhan makan dan menghindarkan kamu dari kebiasaan jajan. Lagipula, dengan memasak sendiri, kebersihan dan keamanan makanan bisa terjamin. ‘

Keempat, jangan malu membeli barang second. Mau menghemat uang? Tidak ada salahnya Sobat Treasury membeli barang bekas, seperti kendaraan atau peralatan rumah tangga. Tentu saja kamu bisa memilih barang yang masih berkualitas bagus.

Kelima, tidak segan membandingkan harga barang. Sobat Treasury bisa membandingkan harga barang sebelum membelinya. Kamu juga bisa membandingkannya berdasarkan brand dan lokasi pembelian barang.

Keenam, memanfaatkan voucher diskon. Tidak ada salahnya menggunakan diskon untuk membeli barang atau membayar tagihan. Dengan kupon, kamu bisa membeli barang dengan harga yang lebih rendah.

Ketujuh, investasi. Kita bisa membangun investasi untuk membangun kekayaan. Dengan investasi, uang kita bisa berkembang biak. Sobat Treasury bisa mengalokasikan dananya ke instrumen yang menguntungkan.

Emas bisa dipilih sebagai instrumen investasi. Logam mulia ini punya banyak kelebihan, seperti tahan karat dan inflasi. Selain itu, harganya cenderung stabil jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Logam kuning ini juga termasuk ke instrumen yang sangat likuid alias mudah dicairkan. Banyak orang menjadikan emas sebagai dana darurat karena mudah dijual.

Membeli emas pun sekarang lebih mudah. Tidak perlu repot pergi ke toko, Sobat Treasury pun bisa membelinya secara online melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan untuk investasi emas. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Ditambah lagi ada banyak keuntungan yang ditawarkan Treasury, misalnya ada jaminan kepemilikan emas dari PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Ada banyak fitur menarik di Treasury, salah satunya fitur Rencana Emas untuk membantumu merencanakan keuangan menabung emas digital secara berkala. Gimana? Menarik banget, kan? Makanya, yuk investasi emas di Treasury sekarang!